Syirik Menghancurkan Tauhid Kepada Allah

Sebagai umat Islam kalimat tauhid adalah kalimat pertama yang perlu dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga beribadah. Perbuatan syirik sendiri termasuk golongan perbuatan yang baru karena sejatinya semua manusia hidup di atas fitrah dan tauhid. Berdasarkan ulasan dari IslamExplored.org penyebab utama mengapa syirik itu lahir adalahnya adanya ketidaktahuan, kurang ilmu dan kebodohan seseorang. Untuk itu sebagai umat Islam kita wajib mengenal apa itu tauhid dan juga wajib mengenal, mengetahui dan memahamilawan dari tauhid yaitu syirik. Perbuatan ini sangatlah rentan menimpa setiap umat Islam di seluruh dunia, bahkan Nabi Ibrahim Alaihi Sallam juga sangat takut jika kesyirikan akan menimpa pada anak dan cucunya kelak, padahal Beliau adalah seorang ahli tauhid dan memusnahkan syirik dalam bentuk berhala-berhala.

Jadi kita sebagai umat Islam patutnya sangat berhati-hati dan sangat takut dengan perbuatan-perbuatan yang mengarah kesyirikan. Karena kurangnya ilmu yang dipahami akan menyebabkan terjerumus ke hal-hal yang menyekutukan Allah. Perbedaan antara ibadah syirik dan ibadah kepada Allah sangat sedikit sekali bahkan hanya bergeser niat saja kita sudah terjerumus kesyirikan. Saat kita beribadah dan berdoa kepada Allah maka kita sedang ibadah dengan tujuan kepada Allah, jika kita beribadah dan berdoa kepada malaikat maka kita sedang ibadan dengan tujuan malaikat, jika kita beribadah dan berdoa kepada orang yang sudah mati dan meminta karena keshalehannya selama di dunia maka kita sedang ibadah kepada orang tersebut dan hal-hal ini dilarang kecuali hanya kepada Allah. Jika kita memegang kuat ilmu tauhid maka jauhi perbuatan-perbuatan ibadah yang mengarah kepada selain Allah.

Dalam pemahaman yang lebih sederhana, kesyirikan adalah dimana kita meminta dan memohon pertolongan dengan cara berdoa kepada orang atau selain Allah, padahal mereka tidak mampu kecuali hanya Allah saja. Contoh sederhana jika suatu wilayah sedang dilanda kekeringan, maka kita harus berdoa dan meminta kepada Allah agar kesusahan diangkat dan diturunkan hujan karena hanya Allah yang mampu mengatur hujan. Jangan mencari bantuan-bantuan kepada orang pintar atau dukun untuk kemudian meminta agar hujan turun. Karena ini adalah perbuatan syirik yang dilarang. (sumber : IslamExplored.org)

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *