Pengertian Hidrokel dan Penyebabnya

Pernahkah kamu mendengar tentang hidrokel sebelumnya? Apa sih pengertian hidrokel ini? penyanyit jenis apakah ini? Dilansir dari alodokter.com pengertian hidrokel adalah terkumpulnya cairan di sekeliling testis atau buah zakar yang umumnya tidak sakit dan tidak berbahaya. Meski pun begitu, penumpukan cairan bisa membuat skrotum atau yang biasa disebut dengan kantung buah zakar membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Buah zakar atau testis adalah bagian dari sistem reproduksi pria yang bertugas menghasilkan sperma dan hormon testosteron. Sepasang testis ini menggantung di bagian bawah penis dalam kantung kulit yang disebut dengan skrotum. Seorang pria akan semakin tinggi risiko terkena penyakit hidrokel ini setelah memasuki usia empat puluh tahun. pria lainnya yang memiliki risiko tinggi untuk menderita penyakit ini adalah oria yang menderita infeksi, termasuk infeksi menular seksual atau memiliki riwayat cedera skortum. Pada bayi, risiko menderita penyakit ini akan meningkat jika terlahir secara prematur. 

Apakah yang menyebabkan hal ini dapat terjadi? Setelah mengetahui tentang pengertian hidrokel, kamu perlu tahu apa yang menjadi penyebab penyakit ini terjadi. Penyakit ini tentu saja akan menganggu, oleh karena itu, dengan mengetahui penyebabnya, kamu dapat menghindari penyakit ini. Sayangnya, sebagian besar penyebab hidrokel tidak diketahui. Pada usia bayi, kondisi ini terbentuk sebelum lahir. Penyakit ini juga dapat menjadi tanda adanya celah terbuka antara perut dan skrotum. Pada orang dewasa, hidrokel muncul sebagai akibat infeksi pada skrotum. Penyebab terbanyak hidrokel pada orang dewasa di seluruh dunia adalah kaki gajah atau filariasis. Ini adalah sebuah infeksi cacing jenis filaria yang menyebabkan pembengkakan tungkai. Cacing ini menyerang pembuluh getah bening dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. 

Bagaimana dengan gejala yang dirasakan oleh penderitanya? Menurut hellosehat.com hidrokel adalah kondisi yang biasanya tidak menyebabkan rasa sakit dan menimbulkan tanda-tanda apa pun. Satu-satunya gejala yang ditimbulkan dan dapat dirasakan adalah pembengkakan di bagian skrotum laki-laki. Benjolan atau bengkak ini biasanya mengakibatkan rasa tidak nyaman dan mengganjal di area skrotum. Jika kamu mengalami hidrokel jenis nonkomunikan, ukuran area yang membengkak tidak akan berubah, sedangkan untuk tipe komunikan, ukuran yang membengkak dapat mengecil dan membesar dalam satu hari. Gejala lainnya mungkin adalah timbulnya rasa nyeri, muncul kemerakan di area skrotum dan bagian bawah penih terasa tertekan. 

Sebenarnya penyakit ini jarang sekali membahayakan kesehatan dan mempengaruhi kesuburan penderitanya. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, penyakit ini dapat dikaitkan dengan adanya masalah pada testis dan berpotensi menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti hernia inguinal, ini adalah kondisi di mana sebagian kecil usus masuk ke dalam skrotum dan apa bila tidak ditangani akan dapat membahayakan nyawa penderita. Selain itu, komplikasi lainnya adalah infeksi atau tumor. Ini dapat terjadi pada skrotum atau testis dan dapat mempengaruhi penurunan produksi atau fungsi dari sperma.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tetang pengertian hidrokel dan penyebabnya serta gejala yang dirasakan penderitanya. Penyakit ini memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun jika kamu mengalami gejalanya, tetaplah berkonsultasi pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jangan menyepelekan gejala yang terjadi karena penyakit ini dapat saja mengakibatkan komplikasi dan tentunya komplikasi tersebut akan berdampak sangat buruk bagi tubuhmu. Kamu harus mengenali penyebab dan gejalanya dengan baik agar mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *