Informasi Lengkap Jalur Pendakian Gunung Sindoro

Gunung Sindoro adalah nama lain untuk Sindara atau Sundoro, dengan ketinggian 3153 meter di atas permukaan laut, terletak di antara kabupaten Wonosobo dan Temanggung – kabupaten Jawa Tengah. Terletak di sebelah saudara kembarnya, Gunung Sumbing. Gunung Sindoro memiliki keunikan dibandingkan dengan puncak gunung lainnya yang memiliki puncak yang sangat besar yaitu beberapa kali lebih besar dari stadion sepak bola. Jalur pendakian via Kledung adalah rute yang sering digunakan di desa Kledung. Untuk pergi ke kamp gunung Sindoro melalui Kledung, Anda dapat naik bus menuju Magelang – Wonosobo dan turun di desa Kledung.

Rute olahraga gunung Sindoro ke nomor 1 berupa jalan beraspal yang melintasi tanah pertanian penduduk. Sudah ada banyak ojek untuk pergi ke pintu masuk 1, tetapi jika Anda memilih untuk berjalan kaki, Anda membutuhkan sekitar 45 menit hingga 1 jam. Setelah melintasi batas pertanian, populasi mencapai Watu Gede pada ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut. Jalan terus berlanjut di jalan miring dalam bentuk tanah padat yang akhirnya akan naik, tetapi masih tidak terlalu berat. Sekitar 2 jam tiba di pos 2 di ketinggian 2.120 meter di atas permukaan laut.

Perjalanan selanjutnya ke Pos 3, pintu masuk terakhir berupa tanjakan berupa tanah padat bercampur batu mendekati pos 3, adalah jalur yang selalu menanjak dengan jalur batu besar. Ca. 3 jam, pos 3 tiba di ketinggian 2.530 meter. Pendaki biasanya membangun tenda di sini untuk melanjutkan KTT besok. Padang edelweis akan menjadi bonus tontonan yang luar biasa yang akan disambut sebelum mencapai puncak. Puncak Pegunungan Sindoro berada di dekat kawah. Di sebelah timur ada dua kawah kembar, yang luasnya 210 x 150 meter dan dibatasi oleh dinding kawah yang mengelilinginya. Pendaki juga dapat berjalan di sekitar dinding kawah di Gunung Sindoro.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *