Cara Mendeteksi Dini Alergi Anak yang Harus Moms Tahu

Pada dasarnya ada cara mudahnya untuk deteksi dini alergi anak yang harus moms tahu, selengkapnya akan kami informasikan lewat rangkuman artikel berikut ini. Namun sebelumnya penting untuk moms tahu bahwa ada banyak sekali macam atau jenis alergi pada anak yang bisa saja dialami oleh si kecil. Alergi yang dialaminya tidak hanya mengganggu aktifitas si kecil, akan tetapi juga bisa mengurangi keceriaannya.

Moms, anak Anda bisa saja alami alergi terhadap susu yang selama ini dikonsumsinya, telur, kacang – kacangan, ikan, kedelai, obat, gandum, serangga, atau yang lain. Yang demikian tersebut bisa menimbulkan berbagai macam gejala, contohnya saja seperti seringnya bersin, mata memerah, gatal – gatal, muncul ruam, dan masih ada banyak lagi.

Cara Mendeteksi Dini Alergi Anak yang Harus Moms Tahu

Alergi merupakan bentuk reaksi tubuh terhadap zat atau pun makanan tertentu. Alergi ini bisa saja terjadi pada saat sistem imunitas tubuh anak bereaksi terhadap zat yang bisa menimbulkan alergi atau alergen. Namun moms tak perlu khawatirkan masalah tersebut, sebab alergi bisa ditangani dengan mudah dengan 3 langkah penting, yakni Mengenali, Mengkonsultasikan, dan Mengendalikan. Apabila si kecil alami alergi, beberapa cara berikut ini bisa Anda coba lakukan untuk deteksi dini alergi anak, diantaranya.

  • Mendeteksi riwayat kesehatan orangtua. Alergi yang dialami oleh buah hati tercinta bisa saja berasal dari riwayat kesehatan orangtuanya. Apabila kedua atau salah satu orangtuanya ternyata mengidap alergi, maka bukan tidak mungkin si kecil pun akan alami alergi.
  • Mendeteksi di saat usia si kecil dibawah 3 tahun. Ya, gejala alergi anak ini bisa saja muncul dalam berbagai macam bentuk, seperti tenggorokan gatal, hidung yang tersumbat, mengi, batuk, sulit bernafas, suara menjadi serak, diare, sakit perut, dan lain – lain. Apabila si kecil alami masalah tersebut maka Anda harus segera membawanya ke dokter anak agar si kecil bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Mendeteksi secara ilmiah. Misalnya saja jika si kecil ternyata pengidap alergi, maka Anda bisa memastikan zat apa saja yang bisa jadi faktor pemicu munculnya alergi. Beberapa tes yang bisa dilakukan agar Anda bisa tahu pemicu dari alergi yang anak Anda derita adalah sebagai berikut.

Skin Prick Test

Cara melakukan tes tersebut mudah sekali, pertama silakan Anda tetesan cairan yang asalnya dari alergen bisa Anda teteskan pada kulit si kecil, tetapi sebelumnya Anda bisa melakukan penusukan kecil di kulitnya. Selain itu ada cara lain yang juga bisa dicoba, yakni dengan memberikan sedikit cairan alergen yang disuntikkan ke kulit si kecil. Tes ini memang sedikit menyengat akan tetapi tidak terlalu menyakitkan kok, moms. Jika sudah tunggu beberapa saat kurang lebih selama 15 menit, apabila memang ada benjolan kemerahan, maka hasil tes tersebut dinyatakan positif.

Tes darah

Untuk jenis tes darah ini biasanya dilakukan oleh dokter. Darah si kecil nanti akan diteliti dan dianalisis sistem imunitas tubuhnya dalam menanggapi alergen. Sampel darah biasanya diambil dari area punggung tangan.

Uji tempel kulit

Lalu untuk tes yang terakhir ini nanti akan menentukan apa penyebab utama alergi pada anak yang disebabkan oleh dermatitis kontak. Dokter akan menempelkan sedikit alergen di kulit si kecil, kemudian menutupinya dengan perban.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mendeteksi dini alergi anak yang harus moms tahu. Semoga bisa bermanfaat.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *