Cara Mempercepat Pembukaan dengan Metode Medis

Anda pasti khawatir menjelang proses persalinan. Hal yang harus Anda ketahui cepat atau lambatnya proses persalinan ditentukan oleh pembukaan jalan lahir. Proses pembukaan mulut rahim setiap orang juga berbeda. Berikut cara mempercepat pembukaan jalan lahir yang dilakukan dengan metode medis.

Menggunting Perineum

Perineum adalah area antara vagina dan anus yang secara alami akan mengalami pembukaan. Jika posisi bayi sudah siap untuk keluar namun perineum tidak cukup lebar, maka dokter bisa mengguntingnya agar bayi Anda bisa keluar dengan selamat.

Anda tidak perlu panik atau merasa takut ketika dokter menggunting perineum Anda. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dalam dunia medis. Dokter akan menjahit kembali setelah proses persalinan.

Tindakan Induksi

Dokter bisa melakukan tindakan induksi untuk merangsang kontraksi. Tindakan medis seperti ini dilakukan sepenuhnya merupakan keputusan dokter. Tindakan medis ini diharapkan akan membuat Anda segera kontraksi dan keinginan Anda untuk mengejan semakin kuat dan diiringi dengan pembukaan yang semakin mencapai akhir yaitu pembukaan 10 cm.

Memberikan Infus

Infus ini diberikan ketika kondisi fisik Anda mulai melemah. Kondisi fisik yang melemah akan menyebabkan proses pembukaan mengalami perlambatan. Pemberian infus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Kondisi tubuh Anda yang lebih bertenaga setelah diinfus akan membuat Anda siap untuk menjalani proses persalinan. Setiap proses dan tahapan persalinan Anda seperti pembukaan jalan lahir akan menjadi lebih lancar.

Konsumsi Obat

Jika pembukaan Anda tak kunjung mengalami perkembangan, dokter akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat yang mampu membantu melebarkan dan melembutkan leher rahim Anda. Seperti misoprostol (prostaglandin) yang mampu membuat leher rahim Anda menjadi lembut. Obat ini relatif aman dan murah untuk Anda konsumsi.

Kemudian ada dinoprostone serupa dan juga merupakan prostaglandin. Obat ini bisa digunakan dengan cara disemprotkan ke dalam lubang leher rahim atau bisa juga dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk supositoria.

Ada juga enzim hyaluronidase. Obat ini akan disuntikkan ke dalam leher rahim Anda untuk melembutkan dan melebarkannya. Anda juga bisa meminta dokter untuk melakukan pengobatan melalui intravena (infus dan suntikan).

Menggunakan Vacum

Jika pembukaan jalan lahir Anda telah berjalan dengan lancar namun bayi tetap masih sulit keluar karena kondisi Anda lemah dan sulit mengejan, maka dokter bisa melakukan tindakan medis dengan menggunakan vacuum.

Vacum adalah penyedot khusus untuk menarik bayi Anda agar bisa keluar. Tindakan ini dilakukan agar bayi Anda bisa segera dikeluarkan dengan selamat. Karena jika bayi tidak cepat dikeluarkan akan membahayakan nyawa bayi Anda.

Itulah cara mempercepat pembukaan dengan metode medis. Selain cara medis di atas, Anda juga bisa melakukan cara alami. Kunjungi situs ORAMI di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai cara mempercepat pembukaan menggunakan cara alami atau berbagai informasi lainnya untuk menyiapkan persalinan Anda.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *