Berikut Beberapa Bahaya Merokok Elektrik yang Harus Diwaspadai

Rokok elektrik merupakan salah satu upaya seseorang agar dapat berhenti merokok. Dimana rokok elektrik ini biasanya mempunyai keunggulan daripada rokok tembakau, seperti asapnya lebih sedikit, mempunyai banyak rasa yang lebih enak, dan juga lebih hemat. Akan tetapi selain manfaat tersebut, rokok elektrik ini juga tetap mempunyai bahaya merokok yang perlu diwaspadai. Sehingga Anda bisa menggunakan trend vaping sebagai cara mengurangi kebiasaan merokok agar bisa berhenti merokok, bukannya justru menarik orang yang tidak merokok kemudian mengkonsumsi rokok elektrik. Karena bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi rokok elektrik sendiri juga besar, seperti misalnya beberapa ancaman seperti berikut ini:

  1. Membuat ketagihan
    Bahaya dari vaping atau menghisap rokok elektrik yang pertama adalah dapat membuat ketagihan. Tidak hanya ketika mengkonsumsi rokok dengan tembakau, tetapi mengkonsumsi rokok elektrik juga dapat membuat ketagihan. Sehingga hal tersebut membuat fungsi awal kegunaan vaping untuk berhenti merokok justru tidak akan terlaksana dengan baik. Dalam kandungan vape juga mempunyai nikotin seperti pada rokok tembakau. Sehingga kandungan nikotin tersebut membuat Anda merasa ketagihan karena dapat merangsang otak dan melepaskan hormon dopamin dengan jumlah banyak. Oleh karena itulah ketika mengkonsumsi rokok elektrik ataupun tembakau yang mempunyai nikotin di dalamnya dapat membuat Anda terus melakukan kegiatan yang satu ini.
  2. Berbahaya untuk paru-paru
    Sama seperti ketika mengkonsumsi rokok tembakau, vape juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti membahayakan paru-paru. Hal tersebut karena rokok elektrik mempunyai kandungan nikotin yang ada di dalamnya. Dimana kandungan tersebut dapat untuk meningkatkan resiko peradangan paru-paru dan juga mengurangi kemampuan jaringan pelindung di paru yang gunanya justru untuk melindungi paru-paru. Hal tersebut tentunya akan membuat paru-paru tidak terlindungi dengan baik dan bisa membahayakan paru-paru seperti munculnya bronkiolitis obliterans yang dikenal sebagai penyakit paru-paru popcorn.
  3. Berbahaya bagi jantung
    Dalam kemasan setiap bungkus rokok sudah banyak peringatan yang ditulis bahwa salah satu masalah kesehatan yang dialami ketika mengkonsumsi rokok adalah dapat berbahaya bagi jantung. Tidak hanya rokok tembakau, tetapi vape juga mempunyai bahaya yang sama. Menggunakan rokok elektrik dapat untuk berbahaya bagi kesehatan jantung karena zat nikotin yang ada pada rokok ini. Nikotin tersebut akan diserap melalui aliran darah sehingga dapat membuat kelenjar adrenal terangsang dan melepaskan hormon epinefrin. Hal tersebut dapat membuat tekanan darah dan juga denyut jantung mengalami peningkatan, sehingga apabila terjadi secara terus menerus akan dapat berbahaya untuk kesehatan jantung.
  4. Gangguan pada janin
    Bahaya ketika merokok elektrik adalah dapat menyebabkan gangguan pada janin. Bagi Anda yang sedang hamil maka sangat disarankan untuk berhenti merokok demi kesehatan janin. Selain itu juga perlu berada di tempat atau lingkungan yang aman dari asap rokok, karena sebagai perokok pasif yang terpapar asap rokok termasuk dari asap vape juga akan berbahaya untuk kesehatan janin. Janin yang terkena paparan nikotin dapat untuk mengganggu perkembangan otak dan mempengaruhi daya ingatnya.
  5. Meningkatkan terkena penyakit kanker
    Bahaya merokok elektrik terakhir yang bisa didapatkan adalah dapat meningkatkan terkena penyakit kanker. Bahaya ini juga sama seperti ketika mengkonsumsi rokok konvensional yang menggunakan tembakau. Dimana hal tersebut bisa terjadi karena kandungan formaldehida yang ada dalam vape yang sifatnya karsinogenik. Sehingga hal tersebut menyebabkan munculnya sel kanker apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *