Berbagai Destinasi Wisata Favorit di Ciamis

Berbagai Destinasi Wisata Favorit di Ciamis
Berbagai Destinasi Wisata Favorit di Ciamis

Kali ini kita akan menjelajahi pesona wisata yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sebelum itu, ada baiknya kita kenal dahulu tentang kabupaten Ciamis. Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang letaknya di paling timur Provinsi Jawa Barat. Sehingga wilayahnya ini berbatasan langsung dengan kabupaten Cilacap di Jawa Tengah.

Kabupaten Ciamis ini juga dikenal dengan wilayah yang paling banyak mengalami pemekaran. Seperti misalnya di tahun 2002, kecamatan Banjar telah resmi menjadi kota otonom dan berdiri sendiri. Sehingga namanya pun berubah menjadi Kota Banjar. Kemudian sepuluh tahun berselang kawasan Pangandaran juga ikut dimekarkan yang kemudian terbentuklah kabupaten Pangandaran.

Terbentuknya kabupaten yang letaknya di sebelah selatan ini menjadikan Ciamis tidak lagi memiliki garis pantai. Meski demikian, bukan berarti di wilayah ini tidak memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Ciamis ini. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1) Berpaduanya rekreasi dengan wisata budaya di Situ Lengkong Panjalu

Mengawali penjelajahan wisata di Ciamis kali ini kita akan menikmati sebuah lokasi wisata yang menarik. Situ Lengkong Panjalu demikian disebutnya lokasi wisata berikut. Di sini merupakan penggabungan antara rekreasi dengan wisata budaya. Disebut demikian, karena banyak pengunjung yang datang ini akan disuguhi suatu pemandangan yang indah dimana di danau tersebut terdapat sebuah pulau di tengahnya yang disebut dengan Nusa Larang.

Untuk wisata budayanya, anda bisa menemukannya di Situ Lengkong yakni sejarah dari kerajaan Panjalu. Dimana merupakan cikal bakal dari kawasan itu. Pulau yang ada di tengah danau itu merupakan makam dari Hariang Kencana yang merupakan putra dari Hariang Borosngora. Di tempat itu pada saat tertentu selalu diadakan upacara adat yang dinamakan Nyangku. Pada ritual itu benda-benda pusaka akan dibersihkan. Situ Lengkong terletak di kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

2) Menikmati situs peninggalan kerajaan Galuh, Ciung Wanara

Daerah Ciamis berawal dari sejarah kerajaan Galuh yang merupakan cikal bakalnya. Jadi, tak heran bila banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman itu. Salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi adalah, Situs Karangmulyan atau disebut juga dengan Ciung Wanara. Ciung Wanara sendiri merupakan situs purba serta arkeologi yang letaknya di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situs ini bercorak Hindu – Budha yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Galuh. Mudah saja untuk menjangkau destinasi wisata itu. Kawasan yang luasnya 25 hektar ini terletak di jalan nasional Ciamis – Banjar – Pangandaran atau sekitar 7 kilometer dari Kota Banjar ke selatan. Selain itu, masih ada banyak situs peninggalan dari Kerajaan Galuh yang bisa anda nikmati dan kunjungi.

3) Berwisata alam sambil menenangkan pikiran di Curug Tujuh Cibolang

Curug Cibolang berada di desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis. Air terjun ini juga disebut dengan curug tujuh dan akhirnya para turis lebih sering menyebutnya Curug Tujuh Cibolang. Nama ini tentunya tidak lepas dari jumlah air terjun yang memang berjumlah 7 ini dan letaknya saling berdekatan.

Berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusat kecamatan Panjalu. Ketujuh air terjun ini masing-masing memiliki nama, yaitu curug satu, dua, tiga, curug cibolang, curug cimantaha, curug cileutik, dan curug cibuluh. Tentu saja destinasi wisata tersebut sangat cocok bila anda ingin menenangkan pikiran dan menikmati udara pegunungan yang sejuk.

4) Wisata mewah Ciamis di Mega Wisata Icakan

Tak jauh dari pusat kota Ciamis, anda bisa menemukan lokasi wisata mewah dan akan memanjakan para turis di Mega Wisata Icakan. Tempat ini juga disebut dengan Waterpark Icakan. Merupakan taman rekreasi air yang disebut sebagai yang termegah dan terbesar di kawasan timur Jawa Barat. Luas dari keseluruhan taman ini adalah 70 hektar.

Untuk masuk ke lokasi wisata tersebut sangat murah sekali. Tiket masuknya yang tidak sampai Rp 10 ribu para turis sudah bisa menikmati indahnya mega wisatan Icakan. Namun bila anda ingin merasakan setiap wahana yang ada maka akan dikenakan biaya terpisah dengan nominal yang bervariasi. Banyak wahana seru yang bisa anda nikmati seperti waterboom, flying fox, sepeda air, cinema 3D dan 4D, dan masih banyak wahana laiinya.

Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *